Berapakan Harga Kontainer Bekas yang Harus Dibayarkan?

7 Faktor Penting Penentu Harga Rumah Kontainer
February 10, 2020
Jual Container: Kondisi dan Grade Kontainer untuk Rumah
February 10, 2020

Secara garis besar, makin baru sebuah kontainer, harganya jelas lebih mahal. Artinya, harga kontainer bekas tidak akan semahal harga kontainer baru. Bahkan, harga yang dipatok untuk kontainer bekas bisa jadi hampir setengah dari harga kontainer baru.

Meski demikian, masih ada berbagai faktor penting lainnya yang memengaruhi harga kontainer bekas secara keseluruhan. Karena itu, hanya mempertimbangkan faktor bekas atau baru saja tidak cukup untuk membantu Anda menentukan harga estimasi yang lebih akurat ketika akan membeli kontainer bekas, baik itu untuk rumah, kafe, atau bangunan lainnya.

Kalau begitu, apa saja faktor penting penentu harga kontainer bekas yang perlu Anda ketahui dan pertimbangkan? Untuk penjelasan lebih lengkap, simak ulasannya berikut ini dan selamat membaca!

  1. Usia dan kondisi.

Mengingat bahwa Anda akan membeli kontainer bekas, tak heran kalau Anda menginginkan kontainer dengan kerusakan minimal. Untuk kebutuhan yang ini, one-trip container alias kontainer yang baru dipakai sekali saja adalah pilihan yang ideal. Biasanya, jenis kontainer yang satu ini dibuat dan dikirim dari negara di Asia, di mana kontainer akan mengangkut kargo pertama dan terakhirnya.

Dan seperti yang sudah disinggung sebelumnya, makin baru kontainernya, makin tinggi pula harganya. Karena itu, one-trip container bisa dibilang punya harga yang paling mahal di antara kontainer bekasainnya. Hal ini dikarenakan umur penggunaannya sebagai kontainer pengiriman yang lebih singkat, sehingga risiko adanya kerusakan karena penggunaannya juga jauh lebih kecil.

Akan tetapi, kalau Anda ingin membeli kontainer yang usianya lebih tua karena faktor biaya, pastikan Anda mengecek kondisi papan lantainya, karat dan penyok, dan seberapa mudah Anda membuka dan menutup pintu kontainer.

  1. Ukuran.

Ada dua jenis kontainer yang bisa Anda temukan berdasarkan tingginya: kontainer standar dan high-cube. Untuk kontainer standar, ketinggiannya biasanya 8 feet dan untuk kontainer high-cube, ketinggiannya mencapai 9 feet. Kemudian, dari segi panjang kontainer, ada dua jenis yang biasa digunakan untuk rumah kontainer, yaitu kontainer 20 feet dan 40 feet.

Pastinya, makin tinggi dan panjang kontainernya, makin mahal harganya. Bahkan untuk dua kontainer dengan panjang yang sama – misalnya 20 feet – perbedaan ketinggiannya juga bisa memengaruhi harganya.

  1. Biaya antar atau pengiriman.

Tak perlu diragukan lagi bahwa biaya yang satu ini jelas merupakan faktor penting yang harus Anda perhitungkan dan memengaruhi harga akhir kontainer bekas yang ingin Anda beli. Belum lagi, masih ada biaya seperti biaya pengajuan izin dan sebagainya.

Pada dasarnya, makin jauh lokasi Anda dari penjual, makin mahal biaya pengirimannya sehingga harga kontainer bekas finalnya jelas juga makin mahal. Dan tak jarang, biaya pengiriman yang melambung tinggi bisa jadi melampaui harga kontainer bekas yang Anda incar, bahkan meskipun kontainer tersebut dibanderol dengan harga termurah sekalipun.

Karenanya, ketika Anda akan membeli kontainer bekas, selalu tanyakan kepada penjual apa saja biaya-biaya lain yang perlu Anda bayarkan sejak awal. Misalnya, apakah biaya pengiriman sudah termasuk dalam harga kontainer? Kalau belum, berapa biayanya?

  1. Faktor penjual.

Begitu Anda sudah memutuskan seperti apa kontainer yang ingin Anda beli, Anda juga perlu memutuskan dari mana kontainer tersebut akan Anda beli, kan? Apakah dari reseller, yang pasti akan mematok harga lebih tinggi sebagai porsi keuntungan mereka? Atau apakah Anda akan membeli kontainer langsung dari supplier utamanya? Pastinya, hal ini sangat menentukan harga kontainer bekas yang akan Anda beli nantinya.

Comments are closed.