Container Rumah

Sewa Kontainer Kantor Untuk Memenuhi Kebutuhan Kantor Murah
November 27, 2019
Menyulap Container Bekas Menjadi Container Kantor
January 17, 2020

Akhir-akhir ini mulai menjadi trend bangunan seperti rumah atau café atau restoran yang terbuat dari bekas kontainer. Container rumah memang unik dan memiliki beberapa kelebihan.

Apa itu Kontainer

Kontainer atau container atau peti kemas ialah peti kotak yang biasanya dipergunakan di pelabuhan guna mengemas barang-barang yang akan diangkut dengan kapal laut. Suatu kotak kontainer beratnya ialah sekitar antara 24.000 kilogram hingga sekitar 30.480 kilogram, tergantung pada kapasitas muat dan juga ukurannya. Sebenarnya diperkirakan sudah sejak tahun 1980 an ada lontaran ide untuk membuat suatu ruang hunian yang nyaman yang terbuat dari suatu peti kemas kontainer. Namun, diperkirakan ide tersebut bisa benar-benar terwujud dan direalisasikan di sekitar tahun 2006 an oleh seorang arsitek dari California, yang bernama Peter De Maria. Ia mulai merancang rumah kontainernya yang pertama, dan diberi nama rumah pantai Rendodo yang kemudian lantas menjadi trend dan banyak yang mengikuti langkahnya.

Beberapa Kelebihan Rumah Kontainer

Suatu hunian tempat tinggal yang dibuat dari kotak bekas kontainer itu memiliki beberapa keunggulan, yakni antara lain sebagai berikut.

Meminimalkan Limbah Konstruksi

Menggunakan bekas kontainer sebagai rumah akan mengurangi banyak limbah konstruksi.

Kokoh dan Kuat

Material dari bekas kontainer ini memang didesain agar bisa kokoh dan kuat melindungi berbagai barang yang hendak diangkut dengan kapal laut di pelabuhan, sehingga akan cukup kokoh dan kuat juga untuk menjadi material bahan bangunan suatu hunian tempat tinggal.

Tahan Rayap, Jamur dan Api sehingga Cukup Awet

Selain memiliki kekuatan material, maka bekas kontainer ini juga bisa awet dan bertahan lama karena tahan rayap dan juga api serta jamur.

Proses Konstruksi yang Cepat

Berhubung materialnya dapat dibilang sudah setengah jadi, maka proses pemasangan atau instalasinya pun bisa berlangsung dengan lebih cepat. Rata-rata hanya akan memerlukan waktu sekitar 2 minggu saja untuk pembangunannya, maka rumah kontainer tersebut sudah dapat langsung dipergunakan.

Tahan Bencana

Rumah Kontainer itu juga cukup tahan bencana karena kontainernya sendiri adalah jenis material yang tahan panas, dan juga hujan, serta gempa bumi.

Murah Biayanya

Membangun suatu bangunan permanen akan memerlukan jangka waktu pengerjaan yang lama serta juga mahal biayanya. Jika dibandingkan dengan penggunaan kontainer untuk membangun suatu hunian maka akan bisa lebih cepat prosesnya dan juga akan bisa akan lebih murah biayanya.

Fleksibel

Suatu hunian dari bekas kontainer ini juga bisa fleksibel, dan mudah dipindah-pindahkan. Jadi jika suatu saat ingin berpindah lokasi ke tempat lain, maka akan bisa dengan cukup mudah untuk proses pemindahannya. Demikian pula dengan perijinannya, tidak repot dengan izin mendirikan bangunan, dikarenakan rumah kontainer itu tergolong masuk ke dalam katagori sebagai suatu bangunan yang semi permanen.

Unik dan Khas

Selain itu juga unik, menarik dan khas. Berbeda dari yang lain. Eksteriornya juga bisa dengan mudah dimodifikasi sesuai dengan selera dan kebutuhannya.

Ramah Lingkungan

Pemanfaatan kontainer bekas juga turut serta menyelamatkan lingkungan.

Ringkas

Bentuknya juga ringkas dan bisa menghemat banyak tempat.

Kekurangan atau Keterbatasan

Meski demikian namun ada juga beberapa kekurangan dan keterbatasannya, sebagai berikut.

Rentan Panas, Mudah Terpengaruh Cuaca

Dikarenakan jenis materialnya yang terbuat dari logam maka rumah kontainer ini menjadi sangat mudah terpengaruh oleh suhu. Jadi pada saat siang hari yang terik maka rumah kontainer tersebut bisa menjadi sangat panas, dan sebaliknya, pada di malam hari atau ketika musim hujam maka suhu udara bisa turun, dan suhu ruangan di dalamnya juga akan ikut menjadi turun. Harus dipikirkan sistem ventilasinya dengan tepat.

Lokasi pengiriman terbatas. 

Kemudian ada kendala juga dalam proses pengangkutan bekas kontainer tersebut ke lokasi penempatannya, Bentuknya yang sudah jadi atau built in dan berukuran besar, sehingga diperlukan truk besar dengan roda 10 untuk itu. Sehingga lokasinya pun menjadi terbatas, yakni hanya bisa pada lokasi yang di tepi jalan besar.

Pertimbangkan beberapa hal tersebut jika ingin membangun container rumah, lalu lalukan tindakan untuk mengatasi beberapa kelemahannya supaya tidak menjadi kendala.

 

Comments are closed.