Tips Beli Container Bekas

Agen Jual Kontainer Kantor
November 14, 2018
Modifikasi Container Bekas Menjadi Container Cafe
February 14, 2019

Di jaman sekarang ini, angka beli container atau peti kemas bekas semakin meningkat di pasaran. Container atau peti kemas tidak hanya sekedar menjadi tempat pengepakan barang saja, tetapi saat ini banyak container yang telah dimanfaatkan sebagai bangunan semi permanen yang keren dan lebih praktis seperti kantor, café, restoran hingga hunian yang nyaman. Salah satu jenis container yang banyak di cari oleh masyarakat adalah container bekas karena harganya lebih terjangkau.

Sebuah container dapat disulap menjadi bangunan yang sangat menakjubkan dan keren serta tahan lama. Jika anda berniat beli container bekas, ada dua jenis peti kemas yang banyak di jual dipasaran, yaitu container 40 feet dan 20 feet. Semua peti kemas atau container yang banyak diperjualbelikan merupakan container import yang terbuat dari material berkualitas sehingga meskipun anda beli container tersebut dalam kondisi bekas, namun masih tetap terjaga kualitasnya.

Mengapa disebut container bekas? Karena masa pemakaian container tentu saja ada, sehingga disebut dengan container bekas. Container sudah cukup umur, maka container lebih baik di alih fungsikan ke hal lain. Jika anda beli container bekas ini, ada yang sudah dimodifikasi menjadi Cafe, Toko, Rumah atau Gudang. Apapun usaha anda, bisa memanfaatkan container sebagai solusi. Baik anda yang menjual makanan, minuman, barbershop, cafe, membuat kantor cabang, membuat mess untuk pegawai, dll semua bisa dibuat praktis dengan container yang tersedia dari berbagai macam ukuran.

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat beli container bekas yang belum dimodifikasi :

  1. Tentukan kekuatan dari container yang kita butuhkan.

Pada saat akan beli container bekas, anda harus menentukan dulu kekuatan dari container yang anda butuhkan.Ada container ada yang terbuat dari plastik yang harganya jauh lebih murah namun tentunya kekuatannya tentu tidak begitu baik. Untuk mendapatkan kekuatan terbaik, anda bisa memilih container dengan bahan aluminium yang lebih murah tetapi jika anda ingin pilih yang lebih kuat, pilihlah container dengan bahan besi, karena bahan ini paling kuat, namun harganya tentu lebih mahal.

  1. Tenentukan ukuran container bekas yang dibutuhkan.

Jika anda menemukan agen atau perusahaan yang jual container bekas di kota anda, maka biasanya mereka menjual container yang berukuran 20 feet ataupun 40 feet. Keduanya memiliki lebar 2.4 meter dan tinggi 2.6 meter, namun untuk yang berukuran 20 feet maka panjangnya adalah 6 meter dan untuk ukuran 40 feet panjangnya adalah 12 meter. Sebaiknya  tentukan dahulu ukuran container yang anda butuhkan sebelum beli container tersebut.

  1. Pastikan Kondisi Container adalah “cargo worthy” (Layak Pakai).

Sebelum beli container bekas, anda harus memastikan bahwa container yang akan anda beli dalam kondisi “cargo worty”. Kondisi ini adalah grade dari container tersebut yang menggambarkan bahwa container masih dalam keadaan yang layak pakai. Container yang masih dalam “grade cargo worthy” masih dapat digunakan untuk mengirim barang ke luar negeri karena kondisinya masih bagus sehingga masih dapat menahan berbagai macam ancaman cuaca ataupun hal lain yang mungkin terjadi saat pengiriman barang. Dengan demikian agar memastikan barang kita tetap aman dalam container bekas maka kita harus membeli yang memiliki “grade cargo worthy”.

  1. Beli Container di Kota Jakarta.

Akan lebih baik jika anda beli container bekas di agen jual container yang berada di kota Jakarta, sehingga anda bisa mendapatkan barang yang terbaik. Container yang berada di Indonesia umumnya berasal dari luar negeri dan masuk ke Indonesia melalui berbagai pelabuhan di Jakarta. Dengan demikian pilihan yang terbaik akan kita bisa dapatkan dari penjual yang berada di Jakarta.

  1. Periksa Bagian Luar dan Dalam Container.

Sebelum beli container bekas, pastikan bahwa kondisinya masih 75% sampai 80% dengan demikian container tersebut masih dalam keadaan baik dan masih bisa digunakan untuk mengirim barang. Bila perlu kita bisa memeriksa kondisi container baik dari dalam container maupun dari bagian luarnya.

Namun jika anda menemukan sedikit kerusakan pada container yang ingin anda beli, hal tersebut adalah wajar karena container tersebut adalah bekas pakai. Yang perlu anda perhatikan adalah apakah kerusakan pada container masih bisa diperbaiki atau tidak. Jika masih bisa diperbaiki, maka container tersebut dapat anda beli.

  1. Mintalah Kwitansi Pembelian Container.

Setelah anda yakin pada pilihan container mana yang akan anda beli. Lakukan pembayaran dan mintalah kwitansi pembelian container tersebut. Hal tersebut mencegah hal – hal yang tidak diinginkan ketika anda beli container bekas tersebut.

Demikian hal – hal yang seharusnya anda perhatikan ketika akan beli container bekas. Kami berharap artikel ini dapat membantu anda memilih container bekas yang tepat sesuai dengan kebutuhan anda.

Comments are closed.