Tips Rumah Kontainer

Modifikasi Kontainer Bekas
November 14, 2018
Rumah Kontainer Murah
November 14, 2018

Apakah Anda sedang berencana membuat rumah dari kontainer? Menyusun rencana desain rumah kontainer merupakan hal penting yang perlu dilakukan. Ada banyak hal yang perlu dilakukan di awal perencanaan pembangunan rumah kontainer. Beberapa tips penting diperlukan untuk merencanakan pembangunan rumah kontainer, agar sesuai dengan keinginan.

Hampir 90% desain arsitektur yang baik adalah dengan perencanaan yang matang, mulai dari mengetahui keinginan kita, anggaran yang tersedia, dan lokasi yang dibutuhkan. Persiapan merupakan bagian penting dari proses perencanaan. Saat mulai merancang bangunan dari kontainer, kita akan dihadapkan dengan permasalahan ukuran yang sempit, keterbatasan dalam mengangkut kontainer ke lokasi, dan anggaran tak terduga yang mungkin muncul di luar rencana.

Permasalahan-permasalahan yang timbul tersebut akan mempengaruhi keputusan yang sebelumnya dibuat. Maka dibutuhkan perubahan untuk menyesuaikan keadaan yang terjadi di lapangan. Hal ini sangat berdampak terhadap desain rancangan yang sudah dibuat, dan biaya yang sudah dianggarkan agar tetap ekonomis dan efisien.

Persiapan Sebelum Membangun Rumah Kontainer

Sebelum memulai perencanaan membangun rumah dari kontainer, ada baiknya melihat lebih dekat seperti apa bentuk kontainer tersebut. Anda bisa mendatangi pelabuhan yang banyak menumpuk peti kemas bekas yang biasa digunakan untuk pengiriman barang ekspor impor.

Setelah melihat secara lebih dekat, baru bisa memperkirakan dan menyusun rencana desain ruangan yang dibutuhkan, termasuk perabotan seperti apa yang akan dimasukkan ke dalam ruangan tersebut. Ini penting, untuk menentukan standar kenyamanan hidup dalam ruangan kontainer tersebut. Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menyusun perencanaan adalah sebagai berikut:

  1. Menyiapkan lokasi peletakan kontainer

Memilih lokasi yang tepat untuk meletakkan kontainer merupakan hal penting, karena berhubungan dengan kenyamanan saat tinggal di dalam rumah kontainer. Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan dalam menentukan lokasi, seperti landscape yang ada, kepadatan tanah, potensi pandangan, dan potensi perindangan.

Secara umum, penggunaan tanah datar sangat disarankan untuk membangun pondasi rumah kontainer. Kondisi tanah datar mendukung desain dasar paling ekonomis untuk rumah dari kontainer.

  1. Pondasi rumah kontainer

Untuk menyiapkan pondasi rumah kontainer, harus dipastikan mendapat ukuran rumah kontainer yang tepat. Anda bisa meminta saran dari pembuat rumah kontainer mengenai rencana pembuatan pondasi. Sebab ini berhubungan dengan sistem masuknya air dan saluran pembuangan, juga masalah listrik.

  1. Membangun rumah kontainer

Meskipun membangun rumah kontainer sendiri memungkinkan tapi tidak disarankan bagi yang kurang menguasai pertukangan. Apabila Anda belum berpengalaman soal rumah kontainer, sebaiknya gunakan jasa pembuatan rumah kontainer. Atau langsung membeli rumah kontainer yang sudah jadi. Namun, saat membeli rumah jadi, teliti mengenai sistem saluran air dan masalah kelistrikan.

Desain rumah kontainer sangat berpengaruh terhadap biaya yang harus dikeluarkan. Jadi pastikan, apakah Anda akan membuat rumah singlekontainer atau membeli beberapa kontainer untuk rumah idaman? Di sinilah Anda akan melakukan tawar menawar dengan pembuat rumah dari kontainer.

Comments are closed.