Melihat Dan Mempelajari Kelebihan Rumah Container

Menambah Minat Membaca Melalui Container Perpustakaan
March 2, 2019
Container Gudang Yang Sangat Bermanfaat
March 19, 2019

Pengertian rumah container adalah rumah yang dibangun menggunakan container bekas pengiriman barang ekspor atau impor atau di Indonesia sering disebut peti kemas. Untuk dijadikan sebuah rumah atau tempat tinggal yang nyaman dan unik.

Rumah container atau container house adalah salah satu terobosan yang inovatif dalam bidang arsitektur. Rumah container belakangan menjadi tren dan hits untuk diterapkan oleh berbagai macam kalangan. Dalam membangunnya juga anda juga tidak perlu repot dengan serangkaian metode konstruksi tradisional yang rumit,  dan yang sering kali berisiko membahayakan lingkungan serta kesehatan anda.

Rumah container dapat dibangun cukup dengan budget kurang dari 100-an juta rupiah, dalam waktu singkat. Anda sudah bisa memiliki rumah container modern yang luas dengan budget demikian. Di samping sebagai tempat tinggal, secara khusus, rumah container juga cocok untuk berbagai jenis kios mobile, perpustakaan, motel, dan yang lainnya.

Rumah container tak hanya menjadi tren di Eropa dan Amerika saja, namun kini sudah sampai ke Asia.  Salah satu yang merasakan tren inovasi ini adalah Indonesia. Tak sedikit orang-orang yang telah memilih mendirikan rumah container ketimbang rumah konvensional.

Kelebihan Rumah Container.

  1. Tidak Membutuhkan IMB.

Ketika membangun rumah secara konvensional akan membutuhkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB), maka rumah kontainer tidak. Proses perizinan IMB biasanya memakan banyak waktu, tenaga serta uang. Mengingat rumah container adalah semi-permanen, maka ia tidak membutuhkan hal di atas.

  1. Dapat Dipindahkan Sesuai Keinginan.

Jika anda bermasalah atau merasa bosan dengan lokasi lingkungan rumah container yang sekarang, maka anda dapat menggantinya dengan mengangkut rumah container anda ke lokasi baru yang anda inginkan.

  1. Rumah Yang Unik.

Rumah container dibuat dengan kreatifitas yang tinggi dari para pembuatnya. Sehingga ketika setiap orang melihat hasilnya akan merasa takjub dengan polesan yang menjadikan rumah container ini berbeda dari rumah pada umumnya.

  1. Lebih Murah.

Tak hanya unik dari segi struktur bangunan, jenis rumah container ini juga ramah di kantong dan lebih murah dari rumah konvensional dalam biaya pembuatannya.

  1. Ramah Lingkungan

Rumah container termasuk kategori arsitektur hijau berkelanjutan, karena turut membantu mengurangi limbah lingkungan serta lewat polesan sana-sini yang kreatif, rumah container akan berakhir menjadi tempat tinggal yang bergaya serta nyaman.

#Tips mencari tanah untuk lahan rumah container.

1. Tetapkan Biaya dan Model Desain Dulu.

Sebelum mencari lahan atau tanah untuk rumah container yang akan anda bangun, anda harus menetapkan biaya dan model atau desain rumah container anda dulu, setelah itu baru anda dapat memulai proses mencari lahan yang cocok untuk dibangun.

2. Penuhi Persyaratan.

Perlu diketahui bahwa terdapat persyaratan yang wajib dipenuhi saat mencari tanah untuk lahan rumah container anda, persyaratannya yakni:

  • Lokasi lahan yang umum.
  • Akses menuju fasilitas air seperti sumur, PAM dan sejenisnya.
  • Jenis tanah di bawah permukaan seperti tanah liat, pasir, gambut, dan lain-lain.
  • Jarak kedekatan dengan rumah lain atau tetangga.
  • Akses darat terdekat menuju pusat kota atau jalan-jalan besar.

Setelah memenuhi persayaratan di atas, maka anda akan lebih mudah untuk mulai mencari lahan untuk rumah container anda.

Demikian ulasan tentang kelebihan rumah container dan tips mencari tanah untuk lahan rumah container. Semoga dapat membantu anda untuk berinovasi dengan tren jenis rumah container tersebut.

Comments are closed.