Rumah Kontainer Tahan Gempa

Bekerja Di Dalam Container Kantor
April 29, 2019
Harga Container Cafe 20 Feet
May 6, 2019

  • Manfaat Rumah Kontainer Tahan Gempa :

Rumah kontainer tahan gempa sedang di minati di jaman serba modern ini. Bahan bangunan dari sebuah kontainer memiliki kelebihan pada struktur penopangnya yang dirancang kuat untuk membawa barang dengan ukuran banyak. Peti kemas pengiriman ini  sudah dikonstruksikan untuk dipasang secara bertumpuk dan dapat dibuat sebuah rumah kontainer tahan gempa.

Hal tersebut karena sebuah kontainer juga mudah dibentuk sesuai kebutuhan. Maraknya bangunan dengan bahan dasar kontainer ini, telah membuktikan bahwa bahan bangunan berbahan dasar peti kemas ini aman digunakan sebagai rumah tinggal.Karena membangun sebuah rumah kontainer adalah membangun sebuah rumah kontainer tahan gempa.

Ketika arsitek  membangun sebuah rumah atau gedung yang diharapkan pertama oleh pemilik bangunan dan ahli bangunan yang harus diperhatikan adalah faktor keamanan bangunan tersebut. Menurut ahli bangunan kontainer, sebuah rumah atau bangunan berbahan kontainer aman sebagai hunian tempat tinggal dan rumah kontainer tahan gempa.

Disebut rumah kontainer tahan gempa karena hal itu telah dibuktikan bahwa sebuah kontainer memiliki kelebihan pada strukturnya, kalau pada kargo bisa ditumpuk sampai 12 lantai. Berarti satu kontainer menahan berat 3 ton, kalau 12 tumpuk berarti bisa menahan berat 36 ton. Bahkan, bangunan berbahan peti kemas  ini tahan terhadap guncangan atau keretakan akibat gempa. Sehingga disebut bangunan rumah kontainer tahan gempa.

  • Kelebihan Rumah Kontainer Tahan Gempa.

Menurut ahli juga disebut rumah kontainer tahan gempa juga karena aman serta anti retak dan anti gempa. Jika sebuah rumah dengan bahan bangunan konvensional mengalami guncangan gempa akan menjadi retak dan roboh tetapi hebatnya rumah kontainer akan lebih kuat dan hanya bergoyang saja. Bangunan rumah kontaner tahan gempa  juga lebih terjaga karena tidak mudah retak.

Jika Anda akan menjadi pemilik rumah kontainer tahan gempa maka Anda juga tidak perlu khawatir bangunan rumah kontainer tidak akan bocor atau dimakan rayap. Bahkan jika dirawat dengan baik, rumah dengan  bahan kontainer bisa bertahan hingga 50 tahun. Perawatan bangunan rumah kontainer tahan gempa ini hanya  cukup  dengan dicat ulang tiap lima tahun sekali.

Kehidupan masyarakat yang mulai menyukai kepraktisan, membuat mereka memilih membangun rumah kontainer tahan gempa sebagai bahan pembangunan rumah mereka. Salah satu alasannya karena rumah kontainer gempa mudah untuk dimodifikasi, bahkan pemilik rumah kontainer tahan gempa tidak harus merobohkan bangunan utama jika ingin menambah ruangan. Sedangkan untuk merenovasi bangunan konvensional, terkadang struktur utama bangunan akan dirobohkan terlebih dahulu. Berbeda dengan rumah kontainer tahan gempa yang hanya memerlukan penambahan struktur di beberapa bagian tanpa harus merobohkan bangunan.

Untuk merenovasi sebuah rumah kontainer tahan gempa hanya tinggal disambung, dipotong dan ditambahkan ke bagian samping kemudian dilas saja.Hal tersebut menjadi begitu praktis. Keuntungan lainnya adalah, bangunan dari peti kemas ini mudah untuk dipindah. Rumah kontainer tahan gempa sangat hemat, praktis, dan harganya terjangkau. Semakin hari untuk membeli area tanah yang luas sangat sulit di perkotaan, sehingga area tanah yang sempit dapat dipakai membangun rumah kontainer tahan gempa dengan cara menumpuk kontainer, maka terciptalah sebuah rumah idaman yang unik dan praktis yaitu rumah kontainer tahan gempa.

  • Kendala Dan Solusi Rumah Kontainer Tahan Gempa.

Selain hemat, rumah kontainer tahan gempa juga disebut praktis karena satu kontainer tidak memakan banyak lahan. Menggunakan rumah dengan bahan kontainer juga akan membuat panas terhantar dengan baik. Pada siang hari yang terik, logam kontainer mudah menyerap panas matahari dan meningkatkan suhu ruangan. Sehingga bangunan rumah kontainer tahan gempa harus ditambah dengan insulasi untuk mengurangi efek panas gersebut. Bangunan rumah kontainer tahan gempa juga harus diberi tambahan lapisan glaswool. Lapisan ini adalah sebagai material untuk meredam suara, glaswool juga memiliki sekaligus memiliki kemampuan untuk meredam panas dari luar. Dan kemudian rumah kontainer tahan gempa tersebut diberi pelapis gipsum, plywood, atau melamin sesuai dengan kebutuhan konsumen, dan juga ditambah wallpaper yang  hanya ditempel.

Namun ada beberapa hal kesulitan yang harus dihadapi pada saat Anda akan membuat rumah kontainer tahan gempa yaitu kondisi jalan di depan rumah harus cukup lebar untuk mengangkut dan memasang kontainer di lahan yang disediakan. Ukuran sebuah kontainer juga tidak bisa sembarangan. Pada dasarnya kontainer atau peti kemas memiliki tiga ukuran yaitu 20 feet, 40 feet, dan high cube. Sehingga ukuran untuk luas bangunan rumah kontainer tahan gempa yang dirancanh sebisa mungkin harus menyesuaikan besar kontainer yang digunakan.

  • Tipe dan Ukuran Rumah Kontainer Tahan Gempa.

Ketika akan membangun sebuah rumah kontainer tahan gempa, Anda perlu mengetahui tipe dan ukuran sebuah kontainer atau peti kemas terlebih dahulu. Kontainer tipe 20 feet memiliki ukuran panjang 6 meter, dan lebar 2,4 meter, serta tinggi 2,4 meter. Sedangkan kontainer tipe 40 feet mempunyai ukuran panjang 12 meter, lebar 2,4 meter, dan tinggi mencapai 2,6 meter. Serta sebuah peti kemas tipe high cube atau tipe 45 feet memiliki ukuran panjang 13,7 meter, lebar 2,4 meter, dan tinggi 2,9 meter. Tipe dan ukuran kontainer di atas akan sangat menentukan harga kontainer, luas lahan tempat membangun dan semua hal yang menyangkut modifikasi rumah kontainer tahan gempa tersebut, sehingga Anda harus menentukan tipe yang sesuai dengan budget Anda.

Demikian ulasan kami tentang rumah kontainer tahan gempa.Kami berharap ulasan ini dapat membantu Anda memahami tentang kelebihan dan manfaat rumah kontainer tahan gempa, serta dapat menjadi referensi Anda ketika akan membangun rumah kontainer tahan gempa yang praktis dan unik ini. Semoga bermanfaat.

Comments are closed.